Tuesday, January 31, 2017

Bagaimana Cara agar Bisa Hidup Sehat?


Tulisan ini masih, dan akan selalu menjadi bagian dari proyek Bloggers' Challenges. Nah, kali ini yang kasih ABC topik itu si Trias, untuk pertama kalinyaaaaaa.

Apa  tema dari si Trias?

Temanya adalah Hidup Sehat. Waktu Penulis tanya gimana hidup sehat yang dimaksud, ini si Wawa yang jawab, tapi si Trias juga sepaham. Jadi topik hidup sehat di sini bisa diartikan sebagai makna hidup sehat menurut masing-masing ABC, bisa juga dimaknai dengan tips atau kiat agar bisa hidup sehat.

Lantas Penulis pilih yang mana?

Mari kita ulas aja langsung.

Hidup Sehat


Sebelum kita jauh-jauh bahas kiat supaya bisa hidup sehat, kita tilik dulu makna hidup sehat dari kacamata Penulis.

Jadi, menurut Penulis, hidup sehat itu adalah kondisi di mana kamu bisa bangun pagi tanpa keluhan sakit punggung atau leher, kamu bisa bebas menjalani hari tanpa keluhan nyeri di beberapa bagian tubuh kamu, kamu bisa puas makan tanpa perlu takut efek samping, dan terakhir, kamu bisa terlelap tanpa terganggu oleh pikiran-pikiran yang tidak perlu dan atau karena mimpi buruk.

Kenapa Penulis berpendapat seperti itu?

Pertama, kalau kamu bisa bangun tanpa keluhan sakit punggung atau leher, berarti tidur kamu berkualitas. Bukankah tidur yang berkualitas juga menjadi salah satu kunci penting hidup sehat?

Kedua, kamu bisa bebas menjalani hari tanpa keluhan nyeri di beberapa bagian tubuh. Itu artinya tubuh kamu siap untuk beraktifitas.

Bagaimana tubuh yang dikatakan siap itu?

Tubuh kamu cukup asupan nutrisi, juga cukup istirahat. Jadi kamu ga akan mengeluh sakit di sini lah, nyeri di situ lah. Pokoknya aman damai sentosa, deh.

Ketiga, kamu bisa puas makan tanpa perlu takut efek samping.

Gimana bisa kamu puas makan tanpa takut efek samping?

Gampang. Puas di sini bukan diartikan sebagai sesuatu yang berlebihan, melainkan memenuhi kebutuhan. Jadi kamu bisa memenuhi kebutuhan kamu lewat makanan tanpa takut efek samping itu ya dengan cara memperhatikan asupan makanan yang kamu makan. Udah lengkap sayur dan buahnya? Gimana dengan susunya? Kalau ga makan nasi, ada bahan yang bisa mengganti karbohidrat nasi engga? Nah, kalau pertanyaan-pertanyaan di atas bisa kamu jawab dengan oke, dijamin kamu puas makan deh.

Terakhir, kamu bisa terlelap tanpa terganggu pikiran kamu. Hohoho! Kamu tau engga, sih, kalau pikiran kamu itu efeknya besar banget bagi tubuh kamu? Kalau kamu punya beban pikiran yang berat, itu bisa mengganggu kondisi fisik kamu, lho. Seperti penyakit stroke, misalnya. Selain karena pengaruh kolestrol dan sederet penyakit orang kaya lainnya, beban pikiran juga ikut andil untuk memperlancar terjadinya stroke.

Nah, lantas gimana dong supaya empat poin di atas bisa kita penuhi?

Check this out!

Kiat Hidup Sehat Ala Penulis

ABC yang lain pasti bakalan bahas tentang olehraga, makan dan istirahat teratur dan semacamnya. Untuk itu, di sini Penulis akan kasih tips yang beda.

1. Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Yuhuuu! Poin pertama ini berkaitan dengan hubungan kita sebagai manusia kepada Sang Pencipta. Udah semestinya, kita makhluk ciptaan-Nya yang ga seberapa ini menjalin hubungan baik dengan-Nya. Gimana caranya? Beribadah, tentu aja paling pertama. Berikutnya curhat. Iya, curhat ke Tuhan. Kamu mau Tuhan bantu menyelesaikan masalah kamu, kan? Cerita dong ke Dia. Tuhan emang Maha Tau, tapi alangkah baiknya kalau kita tetap cerita, tetap curhat. Mana tau Dia kasih jalan cepat untuk kita.

BTW, Penulis buat poin ini untuk kalian semua dan juga untuk Penulis sendiri. Artinya, Penulis juga harus belajar melakukan poin pertama ini.

2. Memaafkan Diri Sendiri


Poin kedua ini datang dari pengelaman Penulis sendiri. Ada kalanya kita sebagai manusia fana yang tak luput dari dosa ini berbuat salah kepada manusia lain. Dan ada kalanya rasa bersalah itu tetap mendekam di hati dan pikiran kita meskipun si korban sudah memaafkan kita. Ternyata ada satu tahap lagi yang perlu kita lakukan, yakni memaafkan diri sendiri. Ini bahkan lebih sulit daripada meminta maaf kepada orang lain, lho. Penulis aja ga tamat-tamat ngelakuinnya.

3. Berpikiran Positif



Poin ketiga ini juga Penulis ambil dari pengalaman pribadi. Pernah suatu waktu, Penulis dihadapkan pada kondisi yang menggantung, Penulis merasa ada yang salah antara hubungan Penulis dengan seseorang. Penulis udah berpikiran jauh entah kemana. Tapi ternyata setelah dikonfirmasi ke seseorang yang dimaksud, ternyata ga ada masalah apa-apa. Hanya kebetulan waktunya ga pas. Jujur, di masa 'menggantung' itu, Penulis jadi ga tenang. Penulis jadi berpikir kalau Penulis udah berprasangka terlalu jauh. Harusnya Penulis lebih santai menghadapinya. Semenjak itulah Penulis berusaha untuk selalu berpikir positif, sembari tetap mengonfirmasi agak ga ada kesalahpahaman di antara Penulis dan seseorang itu.

4. Mengikuti Tips Kebugaran Tubuh


Nah, poin ini mirip dengan poin-poin hidup sehat pada umumnya. Misalnya dengan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh, rajin berolahraga, menjaga kebersihan tubuh dan tempat tinggal, serta selalu membuat persiapan untuk keadaan yang ga diinginkan. Bilangnya gampang, ya, kan. Tapi melaksanakannya, beh! Susah! Iya, susah kalau kamu dari awal udah mikir kalau ini bakalan susah. Balik ke poin ketiga, berpikir positif. Kamu pasti bisa kalau kamu berusaha. Ga mesti langsung pake cara ekstrim, kok. Santai aja, pelan-pelan. Yang penting tujuan kamu tercapai.

Oke, ini aja kiat-kita hidup sehat dari Penulis. Kamu ga setuju? Mau adu argumen? Atau ngajak ribut? Yuk, mari. sini, bilang semuanya di kolom komentar.

Trias, udah, yaaaaa!

Tentang Moody

Halo pembaca kece! Di postingan kali ini, aku ditantang sama Kak Rina untuk menceritakan tentang tanggapanku terhadap seseorang yang mo...