Sunday, November 20, 2016

Game/Permainan di PC atau HP yang Jadi Favorit Penulis

Holaaaaaaaaa...

Postingan ini masih berkaitan dengan proyek #Bloggers'Challenge. Kali ini si Amru yang kasih topik, 3 permainan modern favorit Penulis

Oke, kita langsung aja.

Tiga Permainan Favorit Penulis

1. LGR

Yups! Ini permainan pertama yang membuat Penulis sedikit adiktif. Hampir ga pernah satu hari pun terlewatkan kecuali main permainan ini meskipun cuma ngecek akun doank.

LGR atau Line Get Rich ini permainan besutan Naver (Perusahaan tempat aplikasi chat Line bernaung) dari Korea Selatan. Awalnya LGR ini launching dengan nama LLGR (Line Let's Get Rich), tapi entah sejak tahun berapa namanya dipersingkat menjadi LGR.

Jadi LGR ini permainan yang mengadopsi sistem permainan monopoli. Sebelum kenal dengan LGR, Penulis udah kenal permainan serupa, tapi versi PC (Personal Computer), Modoo Marble. Modoo Marble ini juga mengadopsi sistem permainan monopoli. Bedanya dengan LGR, Modoo Marble dimainkan di PC, sedangkan LGR di smartphone. Selain itu, Modoo Marble bisa dihubungkan dengan akun jejaring sosial Facebook dalam penggunaannya, sedangkan LGR harus melalui akun aplikasi chat Line.


Bisa dikatakan kalau LGR ini merupakan versi upgrade dari monopoli. Kenapa? Karena di dalam permainan LGR ini terdapat komponen tambahan yang mampu menunjang kemampuan si pemain untuk memenangkan permainan.

Apa aja komponen tambahan itu?




a. Kartu Karakter

Jadi, setiap pemain yang mau bertanding dengan pemain lain kudu punya kartu karakter ini. Kartu karakter ini punya keunggulan masing-masing, mirip kartu dalam kartun Yu-Gi-Oh. Karakternya itu antara lain karakter-karakter di Line seperti Cony dan Brown, serta karakter lain, sesuai dengan event yang sedang berlangsung. Kartu ini punya label yang menunjukkan tingkatnya. Mulai dari S+ yang paling kuat, S, A+, A, B, hingga C yang paling lemah. Biasanya, setiap bulan akan keluar kartu karakter baru yang pastinya punya kemampuan yang lebih keren dari kartu sebelumnya. Sekarang ini bahkan kemampuan kartu karakter bisa ditingkatkan dengan adanya gem.

b. Dadu

Kalau permainan monopoli biasa, kan dadunya cuma satu jenis, terus mainnya gantian. Kalau di permainan LGR, masing-masing pemain punya dadu sendiri, terus juga tiap dadu punya kemampuan untuk bikin angka yang dihasilkan sesuai dengan yang diinginkan.

c. Pendant

Pendant ini semacam aksesoris tambahan yang fungsinya itu untuk meningkatkan kekuatan kartu karakter. Jadi, misalnya ada kemampuan di kartu karakter yang lemah, kemampuan itu bisa ditingkatkan menggunakan pendant ini.

d. Map

Peta di permainan LGR ini juga ga cuma satu kaya di permainan monopoli konvensional, lho. Ada banyak. Terakhir Penulis main ini di awal tahun 2016, ada 7 peta yang tersedia. Masing-masing peta punya aturannya masing-masing. Ada yang memungkinkan pemainnya berpindah melalui black hole, ada juga yang memungkinkan pemain mengangkat balok peta sehingga pemain lain ga bisa lewat.

Bagaimana pendapat Penulis tentang permainan LGR?

Penulis suka, banget! Seperti yang Penulis katakan sebelumnya, ga ada hari yang terlewati tanpa buka permainan ini. Tapi akhirnya Penulis sadar, Penulis udah mulai kecanduan. Hampir dua tahun, lho, Penulis mainin permainan ini. Maka dari itu, di awal tahun 2016, Penulis memutuskan untuk melenyapkan LGR dari ponsel cerdas milik Penulis. Awalnya susah, sih, apalagi setiap dapat pesan dari Line Game tentang event atau penawaran yang sedang berlangsung di permainan ini. Tapi akhirnya Penulis bisa, kok lepas dari adiksi permainan ini. Mungkin suatu saat nanti akun LGR Penulis bisa aja Penulis buka lagi, tapi itu nanti. Sekarang ada yang lebih penting dari itu. Kamu, iya, kamu. Ahahahaha... *ketawa ajaib*

2. Sudoku

Jika ada orang yang boleh disalahkan karena telah menjerumuskan Penulis ke dalam dunia per-sudoku-an, maka Penulis akan menyalahkan Amru. Dialah yang mengenalkan permainan ini ke Penulis. Sebenarnya udah lama, sih, kenalnya. Tapi si Amru yang ngajarin gimana cara mainnya. Eh, setelah tau aturan mainnya, Penulis jadi suka. Katanya, sih, permainan ini bagus untuk otak. Seperti yang Penulis kutip dari laman spiritivasi.com, setidaknya ada 12 manfaat permainan sudoku bagi kita, diantaranya melatih kesabaran, ketelitian, konsentrasi, kecepatan berpikir, kemampuan kerja otak kanan dan kiri, serta meningkatkan daya ingat dan tingkat analisa logika.

Permainan sudoku yang ada di posel cerdas Penulis itu termasuk ke dalam kumpulan permainan di permainan hewan peliharaan virtual 'Pou'. Sebagian besar dari kita pasti kenal, dong, dengan permainan itu. Nah, kalau kamu punya permainan Pou, mulai mainin, deh, permainan sudokunya. Kalau kamu punya permainan Pou, tapi ga ada Sudoku di dalamnya, kamu upgrade aja di toko aplikasi sesuai platform ponsel cerdas kamu. Ada level-levelnya, kok. Jadi kalau kamu masih pemula, bisa mulai dengan level mudah terlebih dulu. Lumayan bisa nambah koin Pou juga. Kalau Penulis sih udah jarang dapat banyak koin Pou dari permaian sudoku ini, soalnya rata-rata untuk menyelesaikan satu set permainan, Penulis cuma butuh waktu satu sampai dua menit aja untuk level mudah (terus sombong kau! Mentang bisa cepat!), jadi cuma dapat 18 koin Pou gitu. Tapi ga masalah, kan manfaat lainnya ada.

3. Candy Crush Saga

Nah, permainan ketiga inilah yang saat ini menjangkiti Penulis. Kalau udah bosan sama situasi sekitar, atau lagi santai, Penulis pasti mainin permainan ini. Permainannya, sih, mirip dengan permainan balok geser jaman dulu. Kita diminta untuk menyusun tiga balok atau lebih dalam satu baris supaya itu balok hilang dan kita dapat poin atau skor. Mungkin di ponsel cerdas kalian juga ada permainan ini. Jadi rasanya Penulis ga perlu menjelaskan banyak tentang ini.

Oke, jadi tiga permaian inilah yang dulu dan saat ini menemani hari-hari Penulis. Kalau kamu, permainan apa yang kamu jadikan permainan favorit? Monggo share di kolom komentar.

Tentang Moody

Halo pembaca kece! Di postingan kali ini, aku ditantang sama Kak Rina untuk menceritakan tentang tanggapanku terhadap seseorang yang mo...